PERKEMBANGAN ALAT UKUR KLIMATOLOGI

alat-klim21

1. PENDAHULUAN

Sebagaimana telah kita ketahui bersama, bahwa untuk melakukan pengamatan beberapa unsur Klimtologi/Klimatologi diperlukan peralatan . Seperti juga telah kita ketahui bahwa unsur-unsur dalam Meteorologi/ Klimatologi terdiri dari berbagai macam unsure, misalnya: Suhu, Tekanan udara, Kelembaban udara, Angin, Perawanan, Hujan Penguapan, dan lain-lain. Oleh karena banyaknya unsur-unsur tersebut, maka dengan sendirinya untuk melakukan pengamatan dan peramatan memerlukan dan menggunakan alat-alat yang bebeda pula. Dalam perkembangan dan kemajuan tehnologi untuk alat-alat Meteorologi/Klimatologi secara garis besarnya dapat dibedakan menjadi tiga katagori. Yaitu katagori alat-alat konvensional (manual), alat-lat recorder Mekanik dan alat-alat recorder Elektronik.

2. ALAT PENGUKUR TEKANAN UDARA

Tekanan udara adalah gaya berat/gaya tekan udara pada suatu luasan tertentu. Persamaan fisis untuk mengetahui tekanan udara adalah:

persamaan2

Perhitungan dilakukan dengan metode pipa U, dimana tekanan pada pipa A akan sama dengan tekanan di pipa B, sehingga bila kolom udara pada salah satu kolom difakumkan dan massa fluida (m) serta konstanta grafitasi (g) diketahui maka tekanan pada pipa terbuka (identik dengan tekanan udara lingkungan) akan diketahui.

selanjut…….¬†perkembangan-alat-ukur-klimatologiperkembangan-alat-ukur-klimatologi1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: